Pages

Monday, October 10, 2016

Resep Roti Gambang

Resep ini sudah malang melintang di grup dari yg saya bca katanya grup kalo kue klasik dari betawi konon kue jadul yang sudah lama.. semua bilang enak kue pnuh knangan.. saya kok jadi pnasaran.. kalo hrs ke betawi demi mkan kue ini kok ya kyk dramatis dari bberapa resep yang malang melintang resep ini yg ku coba.. so far ok lah rasa gula merah haaa ya emang dari gula merah..

Roti gambang

Kreasi monalisa bayhakie idris.
Rebaked. Casey kitchen

200 grm tepung terigu cakra.
100 grm tepung terigu segitiga.
2 kuning telur. (Saya pakai 1 telur utuh)
30 grm margarine (50gram)
1/2 sdt bp
1/2 sdt baking soda/soda kue.
1/4 sdt garam 1 sdt bubuk spekoek/kayu manis.

Sirup 160 grm gula jawa (saya pakai gula aren)
Air 150 ml
Carbut Sirup:
Masak air + gula jawa sampai gula larut..(jadikan sampai 140 ml) kuah agak sedikit kental).sisihkan biarkan dingin.

Campur tepung terigu,bp soda kue,garam dan bubuk spekoek.aduk rata..masukkan telur dan margarine aduk rata sambil dimasukkan sedikit2 sirup gula jawa..
aduk sampai tercampur rata.(adonan sedikit lengket it's ok gak apa) diamkan 30 mnt.(ditutup plastik/kain kering) Setelah 30 mnt adonan menjadi tidak lengket lg dan bisa dibentuk sesuai selera(saya bentuk bulat lonjong) Oles loyang tipis dgn sedikit margarin/saya pakai baking paper. Tata berjajar dan dikasih jarak.
Oles bagian atasnya dgn air lalu taburi wijen. Panggang 30 mnt pakai api 160'c (api sedang). Silahkan mencoba.

No comments:

Post a Comment