Pages

Monday, February 29, 2016

Hakau udang

Hakau Udang

Bahan A:

300 grm Udang Kupas, cincang kasar
1 sdm tepung sagu
1 sdm Minyak Wijen
½ sdt chicken powder
1 sdt Garam

Bahan B:

150 grm tepung Tang Mien
50 grm tepung sagu
2 sdm minyak sayur
250 ml air mendidih
¼ sdt Lada
½ sdt Gula

Cara mebuatnya :

Aduk semua bahan A hingga rataCampur tepung tangmien dengan tepung sagu, aduk rata.Tuang minyak sayur kedalam air panas mendidih. Pastikan air benar-benar mendidih.Tuang campuran air dan minyak kedalam campuran tepung pertama, tuang secara rata diseluruh tepung (jangan di satu titik), lalu aduk rata dengan centong kayu. Adonan akan terlihat menggerindil. Gpp....Diamkan hingga hangat kuku. Pada saat didiamkan tutup wadah dengan serbet basah supaya permukaan adonan tidak mengering.Uleni adonan hingga kalis. Gerakan menguleni seperti mencuci pakaian cara manual.Potong adonan kecil-kecil, gilas tipis sekali. Beri isi dan bentuk wiron hakau.Hakau siap dikukus 10 menit saja. Jangan lebih karena kulit hakau mudah robek.

Resep yang kucoba yg pertma
======%%%%%%=======%%%%%%===========%%%%%=======

Hakau - Dumpling Udang

Resep diadaptasikan dari buku Dimsum - Mary Winata

Untuk sekitar 30 buah dumpling, diameter + 8,5 cm

Bahan untuk adonan kulit:

- 150 gram tepung ten mien

- 50 gram tepung sagu

- 225 ml air panas yang mendidih

- 1 sendok teh garam

Bahan isi:

- 300 gram udang, buang kepala dan kulit

- 200 gram water chesnut (saya tidak pakai)

- 2 buah jamur shiitake kering, rendam hingga mengembang, peras kuat-kuat hingga airnya habis dan potong kecil-kecil

- 1 butir putih telur

- 1 sendok makan tepung sagu

- 1 batang daun bawang rajang halus

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 1 buah bawang putih, cincang halus

- 1 ruas jahe, cincang halus

- 1/2 sendok teh pala bubuk

- 1/2 sendok makan kecap asin

- 1/2 sendok makan saus tiram

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

- 2 sendok teh gula pasir

Cara membuat:



Siapkan mangkuk ukuran besar, masukkan tepung ten mien, tepung sagu, dan garam, aduk rata menggunakan sumpit. Masukkan air mendidih ke tepung, aduk menggunakan sumpit hingga menjadi adonan lembab, seperti gambar diatas. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap selama 10 menit. Setelah 10 menit, dengan menggunakan tangan uleni adonan sehingga menjadi satu gumpalan besar.



Pindahkan adonan di meja datar yang telah ditaburi tepung kemudian uleni hingga menjadi adonan yang sangat halus dan licin seperti gambar di atas. Bentuk adonan menjadi bulat memanjang seperti lontong besar, kemudian iris tipis adonan menggunakan pisau tajam. Gilas masing-masing potongan menjadi lembaran tipis, cetak bentuk bulat dengan diameter minimal 8,5 cm. Saya menggunakan tutup stoples kecil, bisa juga menggunakan mulut gelas yang agak lebar. Selama kita menggilas, tutupi adonan sisa dan hasil cetakan dengan kain agar tetap lembab.
Membuat isi:

Bersihkan udang, beri 1/2 sendok makan garam, remas-remas dan diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci bersih hingga airnya tidak berbusa, cara ini membuat udang menjadi kering. Potong-potong udang ukuran + 1/2 cm, masukkan udang, jamur dan semua bahan isi lainnya ke dalam mangkuk, aduk rata. Jika terlalu berair, tiriskan menggunakan saringan kawat.
Membentuk dumpling:

Ambil selembar kulit, isi dengan beberapa potong udang dan jamur, tekuk hingga menjadi setengah lingkaran kemudian lipat masing-masing ujungnya sehingga berbentuk seperti sebuah dompet kecil. Rekatkan bagian tepinya agar tidak terbuka saat dikukus. Anda juga bisa hanya menekuknya saja membentuk setengah lingkaran. Untuk step by step melipat dumpling anda bisa klik di posting sebelumnya di Step by Step Dumpling Ayam & Udang. Lakukan hingga semua bahan habis.

Siapkan kukusan, alasi dengan kertas baking/kertas roti, tata dumpling diatasnya dengan memberikan jarak antar dumpling. Kukus selama kira-kira 10 menit, hingga dumpling mulai translucent. Saat masih panas memang tidak terlalu transparant tetapi ketika dingin maka bagian isinya jelas terlihat.

No comments:

Post a Comment