Pages

Sunday, February 28, 2016

Mochi


Resep Ini saya copy dari google juga dari blok mbak hesti... sudah saya praktekan dan enak...

Aku coba bikin pakai resep di bawah ini (copas dari arsip milis), and berhasil, empuk banget walaupun besoknya. Empuknya kayak mochi Semarang Gemini itu lho.

Aku ga pakai microwave, tapi dikukus kira2 10 menit.

Fillingnya aku pakai kacang tanah, yang disangrai, diberi gula pasir (kemaren aku ga pakai takaran, cuma kira2)

takaran resep lain:

50gr kacang tanah sangrai, blender/cincang

25 gr gula pasir

dibentuk bulat2

Luarnya bisa maizena atau wijen panggang

Adonan mochi nya jangan tersentuh tangan ya, nti lengket.

....................................................................

dulu aku pernah bikin mochi beberapa kali memang susah banget. Susah
di bentuk, dan begitu di tinggal di udara 1 jam sudah langsung mengeras.
Terakhir ada bikin mochi sukses tuh. Sampe besoknya juga masih lembut
banget. ENAKKKK!!!
Memang bikinnya pake mochiko (tepung mochi). Sebenarnya sama saja
dengan tepung ketan (yang halus). Tapi hasil tentu lebih bagus kalau
pake mochiko.

100 gr tepung ketan
180 ml air
50 gr gula
kacang merah halus (kira kira 4 sendok makan)
potato starch / corn starch secukupnya

cara:
gabung tepung ketan dan air dalam mangkuk tahan panas, aduk rata.
campurkan gula. aduk rata. tutupi mangkuk dengan plastik, microwave
selama 2 menit (suhu panas). Keluarkan, dan aduk rata pake sendok
kayu. Microwave lagi selama 30 detik. Aduk rata.
dinginkan sampai bisa di bentuk.
Tutupi talenan dengan plastik. taburi potato starch/cornstarch di atas
talenan(tangan juga ya). tuang adonan di atasnya. Potong 4 (pake pisau
plastik). bungkus kacang merah dengan adonan. taburi potato starch dan
cornstarch di seluruh mochi.

Cara membuat mochi ada dua cara yaitu mencampur semua bahan, membentuknya lalu dikukus seperti membuat klepon. Sedangkan cara yang kedua yaitu mencampur semua bahan lalu dikukus sampai adonan tidak lengket baru dibentuk. Mochi yang saya buat ini menggunakan metode yang kedua, resep nya saya liat di Hesti Kitchen resep aslinya dari Christines Recipes. Mochi yang saya buat ini sudah saya modifikasi menggunakan pasta pandan dan untuk fillingnya saya menggunakan kacang tanah.

220 gram tepung ketan putih
110 gram gula pasir
200 ml santan atau bisa di ganti dengan susu
1/2 cup tepung ketan sangrai, untuk taburan
Pasta pandan/pewarna

100 gram kacang tanah sangrai
2 sdm gula kastrol
2 sdm air panas

Filling :  campur kacang tanah dan gula kastrol, blender kasar. Tambahkan air dan aduk sampai tercampur rata dan dapat dipulung/dibulatkan.
Campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukan santan/susu sambil diaduk rata. Beri pewarna atau pasta, tuang dalam pinggan tahan panas yang berukuran lebar yang telah diolesi minyak agar matangnya cepat. Kukus selama 30 menit atau sampai ditusuk adonan tidak lengket,
Angkat adonan ketan dan tuang diatas work mat yang sebelumnya di beri tepung ketan sangrai
Pipihkan dengan rolling pin lalu potong-potong kotak
Beri isian di tengah lalu tutup dan rapatkan.
Bulatkan adonan, bisa dengan cara di putar-putar/glindingkan.

Sajikan.

Karena terbuat dari tepung ketan sudah pasti rasanya kenyal dan lembut dimulut, rasa manis mochi dan fillingnya buat saya sudah pas. Walaupun sudah dingin dan disimpan di wadah yang kedap udara semalaman tekstur mochinya tetap chewy, kenyal dan lembut. Saya tidak dapat membedakan dengan tekstur mochi yang memakai cara dibentuk dulu baru dikukus karena saya belum pernah mencobanya. Tapi aslinya cara membuat mochi yaitu mengukus semua bahan dulu dari dibentuk seperti yang saya lakukan. Mau menggunakan cara yang mana terserah pada teman teman saja yaaa....Selamat mencoba ^^.

No comments:

Post a Comment