Pages

Sunday, March 18, 2018

Buttercream kokoh

Buttercream berikut saya adaptasi dari Ema's kitchen..
Saya sendiri belum coba,.. sementara save dulu dalam waiting list untuk di coba

BUTTER CREAM KOKOH :
- 1 kg crisco/ shortening / mentega putih
- 1/2 kaleng SKM ( susu mental manis )
- 5 Sdm susu bubuk
- 3 Sdm icing sugar ( gula halus )

- gula cair dr ( 150 gr gula + 70 ml air ) 
-------------> masak dg api sedang sampai gula larut, dinginkan. 

CARA MEMBUAT :
- mixer shortening sampai lembut masukan, masukan icing sugar & susu bubuk mixer lagi sampai rata
- masukan skm & gula cair lanjutkan mixer sampai rata dan smooth. 


BUTTER CREAM SUPER KOKOH :
- 250 gr shortening 
- 150 gr glucosa 
- 2 Sdm susu bubuk
- 5 Sdm icing sugar 

- 2 sdt gelatin + 1 Sdm air
---------> campur gelatin dg air, aduk rata, masak dg Cara di tim sampai mencair, dinginkan. 

CARA MEMBUAT :
Mixer shortening dan glucosa sampai rata, masukan icing sugar dan susu bubuk, lanjutkan mixer lagi sampai rata dan smooth, siap di gunakan. 


  • Sedangkan di bawah ini saya ambil dari Delicious baking tools.. sementara masih saya koleksi dalam rangka pencarian buttercream yg sreg di hati

Buttercream yang sering aku pakai, ini nih resepnya, aku pakai Italian Buttercream. Buat yang mau nyoba, silakan:p Resep asli dari "Baking and Pastry" CIA (Culinarty Institute of America). Aku modif sedikit dan resep ini menghasilkan 500 gr buttercream.

Bahan:
150 gr pasir
50 ml air
75 gr putih telur
150 gr mentega putih
150 gr unsalted butter
vanilla extract

Cara:

1. Larutkan 100 gr gula dengan air, panaskan di atas api medium, aduk sampai gula larut dan mendidih. Saat mendidih stop mengaduk. Ukur pakai candy thermometer, saat larutan gula mencapai 110 derajat Celcius, kocok putih telur + 50 gr gula.
2. Saat larutan gula mencapai 116 derajat Celcius, matikan api, masukkan larutan gula ini ke kocokan putih telur, kocok terus gunakan kecepatan sedang sampai adonan dingin (kurleb 8 menit).
3. Setelah adonan dingin, ganti kecepatan tinggi, masukkan mentega secara bertahap kocok sampai creamy dan rata. Tambahkan vanila extract.
4. Siap digunakan.

Note: jika tidak ada thermometer, didihkan larutan gula sampai mengental (seperti membuat simple sirup).


No comments:

Post a Comment