Pages

Wednesday, March 2, 2016

Clementine tart atau pie jeruk

Clementines Tart atau jeruk
Ini resep dari blogmbak Donna , based on story nya ... dia buat untuk tamu suaminya di swis dan meeka bilang enak... rasanya di jamin enak.
Tapi ku pake kulit pie yang ku punya di rumah ga pake graham crakers sperti mbak Donna pakai dalam resep....pastrinya juga ku g pakai dark coklat biasa di utak utik lagi...

Bahan2 yg di butuhkan.
1. Bikin tart nya.

200 gr graham crackers
125 gr melted butter
2 sdm sugar

Hancurkan graham crackers, kemudian campur gula dan masukan butter yg sudah di lelehkan, campur semua jadi satu, kemudian taro di pie dish yg sudah di beri butter, tekan2 remahan campuran graham crackers tersebut di pie dish, kemudian panggang 10 menit dg suhu 175 derajat celcius.

2. Pastry cream

1 l susu cair
10 kuning telur ( kalo kebanyakan boleh kurangin 2)
200 gr gula
Vanilla
85 gr terigu

80 gr dark chocolate

*Buah2an, terserah pake buah apa ajah..

Cara membuat pastry cream

Masak susu dg 100 gr gula dan vanilla, hingga mendidih, angkat.
Sementara memasak susu, campur kuning telur bersama 100 gr gula, kemudian masukan terigunya aduk rata.
Lalu masukan susu yg sudah panas tadi ke dalam campuran kuning telur sedikit demi sedikit hingga semua susu sudah tercampur, kemudian masak  kembali susu yg sudah di campur kuning telur, dg api sedang saja, masak hingga mengental, kemungkinan hanya 2 menit saja. Angkat, o iya kemaren sebagian gw ambil 1/3 dr pastry creamnya gw tambahin dark chocolate selagi panas, ud tentu dark chocolate nya di cacah dulu yah di potong kecil, jadi pas di masukan ke pastry cream yg panas langsung meleleh. Dan pindahkan sisa pastry cream ke wadah lain, dinginkan.

Setelah dingin, taro di tart yg sudah kita siapkan.. Pertama masukan chocolate pastry creamnya, setelah itu yg vanilla. Jd ada 2 rasa dalam 1 tart.  Kemudian masukan kulkas sebelum di sajikan.. Dan sesaat sebelum di sajikan taro clementines di atas tart tersebut. Uuh karena ga boleh pake gelatine, (krn gw islam, jadi ga makan gelatine) jd tartnya ga gw pakein gelatine di atas clementines tersebut. Kalo di kasih gelatine mungkin akan lebih cantik. Dan gw ga coba pakein agar, adduh ud ga ada waktu lagi..

Anyway.. Selamat mencoba, semoga puas dg dessert ini..
O iya, kalo buahnya mau di ganti dengan buah2 lain juga gpp lho..

No comments:

Post a Comment