Pages

Thursday, April 19, 2018

Resep Melon Pan bread

resep dan gambar berikut adalah postingan Frieda Hoogenbum-siregar yang di posting di grup masak di fb... mari yang mau coba.. saya mah hobinya kumpulin resep nyobanya ntar dulu ya

=============================


Roti yang satu ini berasal dari Jepang dan ada beberapa toko roti disini yang menjualnya berdasarkan pesanan. Saya mengenalnya justru dari menu di workshop yang saya ikuti beberapa tahun yang lalu bersama beberapa teman. Singkatnya harus dicoba karena menurut saya rasanya enak dan ngangenin kata orang kita. Tips : Buat adonan kue terlebih dahulu dari adonan roti sehingga adonan kue mempunyai waktu untuk menyatu dan memadat.

Melon Pan

Bahan Adonan Kue :

80 gram unsalted butter lembut
90 gram gula pasir butir halus
80 gram telur, kocok lepas dengan garpu
200 gram terigu protein tinggi
2 gram baking powder
½ sdt vanille extract/essence

Bahan Adonan Roti :

300 gram terigu
4 gram yeast
35 gram gula putih butir halus
5 gram garam
6 gram susu bubuk full cream
180 gram air suhu ruang
30 gram unsalted butter lembut, potong kecil-kecil
Gula pasir untuk lapisan

Cara membuat Adonan Kue :

Mixer butter dan gula sampai tercampur rata dan lembut.

Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga tercampur rata. Masukkan vanille extract /essence dan aduk rata.

Ayak terigu, baking powder diatas adonan dan aduk rata dengan sendok karet memakai sistem aduk balik perlahan-lahan.

Minyaki tipis kedua tangan dan bagi adonan menjadi 12 bagian (lebih kurang berat 36 gram tiap adonan) dan bulatkan lalu susun diatas piring (gambar1). Simpan di dalam kulkas selama 30 menit.

Cara membuat Adonan Roti :

Aduk di mangkuk mixer terigu, gula, susu dan yeast sampai tercampur rata lalu masukkan air dan mixer dengan mixer roti selama 5 menit sampai adonan tercampur rata, lembut.

Masukkan garam dan butter lalu mixer kembali selama 10 menit sampai tercampur rata dan adonan kalus tidak lengket.

Minyaki tipis bagian dalam mangkuk dan letakkan adonan roti yang telah dibulatkan didalamnya. Gulingkan agar permukaan adonan terlapisi minyak. Tutup dengan plastic foil dan diamkan di suhu ruang selama 1 jam sampai mengembang 2 kali lipat.

Minyaki tempat proses dan letakkan adonan diatasnya lalu bagi 12. Masing-masing bagian dengan berat lebih kurang 46 gram lalu bulatkan. Tutup bulatan adonan dengan plastic foil.

Perbandingan besar bulatan adonan kue dengan adonan roti bisa dilihat pada gambar 2.

Proses penggabungan :

Potong plastic foil 2 lembar agak lebar dan olesi minyak 1 permukaan nya.

Letakkan 1 plastic foil diatas meja dengan permukaan yang berminyak menghadap keatas. Ambil 1 bulatan adonan kue dari dalam kulkas lalu letakkan adonan diatasnya dan letakkan 1 plastic foil lainnya diatasnya (bagian yang berminyak menghadap ke bawah). Untuk lebih jelasnya bulatan adonan kue ada diantara 2 plastic foil yang sudah dilapisi dengan minyak (gambar 3). Giling adonan tipis berbentuk lingkaran. Perhatian : ambil adonan kue dari dalam kulkas satu persatu.

Angkat plastic foil bagian atas. Ambil 1 bulatan adonan roti, bulatkan kembali,  dan letakkan ditengah adonan kue yang sudah digiling tadi (gambar 4). Angkat pinggiran plastic foil kearah atas agar adonan kue terangkat juga keatas (gambar5) dan tempelkan pada dinding bulatan adonan roti, tekan-tekan pelan agar menempel (gambar 6). Ulangi proses untuk 12 adonan sampai selesai. Bagian yang tidak tertutupi adonan kue adalah bagian bawah roti nantinya (pada saat proses ini bagian bawah roti masih ada di bagian atas)

Perhatian  !  Adonan kue jangan sampai menutupi bagian atas bulatan adonan roti (gambar 6 ).

Taruh gula pasir untuk lapisan  di mangkuk dan lapisi bagian atas dan sekeliling adonan kue dengan gula,  tekan pelan agar gula menempel.

Letakkan diatas layang yang telah dilapisi dengan kertas roti dengan jarak 5 cm antara tiap adonan (gambar 7).

Bentuk guratan tipis pada bagian atas roti dengan pisau tajam (gambar 7) lalu tutup roti dan diamkan di suhu ruang selama 45 menit agar mengembang.

Panaskan oven pada suhu 180° celcius  dan panggang roti selama 15-20 menit hingga matang kecoklatan.  Dinginkan diatas rooster dan siap dinikmati.

No comments:

Post a Comment