Pages

Thursday, April 19, 2018

Resep pinaple bun

Resep dan roti di gambar berikut adalah postingan di grup oleh mba Ainie dihati adjie.... monggo yang mau coba.. saya mah nanti dulu saja hehe

==============================

Alhamdulillah..akhirnya bisa eksekusi "Hongkong Polo Pau"/"Hongkong Pineapple Bun"....terima kasih bunda nikmatul rosidah atas resepnya....maknyuuss..

"Polo Pau/Pineapple Bun,Hong kong"

Resep:Bunda Nikmatul Rosidah

Untuk Topping:

-110 gram tepung terigu,diayak
-80 g gula pasir putih
-1/4 sdt Baking soda
-1/4 sdt Baking powder
-60 g unsalted butter,potong potong
-1 telur kuning.
-1 telur kuning,kocok buat poles

cara membuat:

Tepung,gula,Bp,Bs,campur jadi satu.lalu butter masukkan di tepung dan remas remas dgn jari,masukkan 1 kuning telur remas terus sampai jadi adonan yg lembut.

lalu bulatkan pipih dan bungkus dgn plastik masukkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.keluarkan adonan dan bulatkan dan pipihkan dgn bantuan rolling pin.topping siap pakai.

Siapkan roti Bun yang sdh mengembang.taruh topping diatas roti lalu poles dgn kuning telur.panggang roti sampai warna kuning ke emasan,sekitar 15 menit.dengan suhu 180 derajat.

Untuk Roti Bun:Saya pakai resep yang ini,(sebenaranya terserah )

"sweet roll"
- 50 ml air hangat suam kuku
-5 sdm gula putih
-2 1/4 sdt aktif dry yeast(Ragi kering buat Roti)
-1/4 sdt gula putih.
-250 Ml susu hangat.
-1 telur.Kocok ringan.
-1 1/2 sdt Garam
-75 g Unsalted butter,Mentega tawar,lembutkan.suhu ruang
-4 cup (512 G) Tepung terigu Protein sedang.All purpose.

  Caranya:

di gelas masukkan air hangat dan Yeast/Ragi dan 1/4 sdt gula,aduk sampai larut lalu diamkan selama 10 menit sampai Ragi bener bener berbusa.(Air nya jgn sampai terlalu panas krn bisa bikin ragi mati).

Dimangkok besar campurkan sedikit tepung dan garam dan gula serta Butter.remas remas Butternya ditepung.

Masukkan semua sisa bahan lalu aduk aduk dan masukan sebagian tepung lagi dan lagi sampai tepung habis dan campur.lalu tutup mangkok dan diamkan adonan diruangan yg hangat sampai mengembang 2 x lipat.selama 1 jam.

Kempeskan adonan,lalu pindahkan kepermukaan yg sudah ditaburi tepung,Bagi adonan dan bentuk bulat bulat biarkan mengembang lalu kasih topping tekan tekan sedikit lalu kasih polesan kuning telur.

No comments:

Post a Comment