Pages

Friday, March 4, 2016

Roti rainbow

Hari ini giliran saya yg penasaran sama Roti cantiknya Bunda Rifqy Pahlevi😀😍😘 ucapan Terima Kasih untuk selalu berbagi ilmunya Bunsay Rif 💖. Resep agak saya modif sedikit  ya Bun, nggak banyak cuma tambahkan telur dan nggak gunakan minyak. Dan hasilnya lembuttt seperti yg Bunda Rifqy Bilang  😘Rifqy Pahlevi👍

ROTI TAWAR PELANGI
By. Rifqy Pahlevi
Recook : VivieKhz

Bahan:
350gr terigu protein tinggi
2sdm gula pasir
1sdt penuh / munjung ragi instant
1sachet susu bubuk dancow
120ml air hangat + 100ml air daun pandan(total air 220ml) ( saya nggak pakai air pandan tapi  air tetap 220)
30ml minyak goreng ( saya nggak pakai)
1sdt garam
saya tambahkan 1 btr telur utuh

Olesan & taburan
Kacang Almond
1 kuning telur di campurkan dengan  1sdt SKM

Cara buat:
1. Campurkan 1 sdt munjung ragi Instant ke dalam air hangat aduk,  diamkan sampai berbusa
2. Campur terigu, gula dan susu bubuk aduk dengan sendok kayu atau spatulla, lalu masukkan larutan ragi ,**minyak goreng (saya nggak pakai ya bun) aduk rata dengan spatulla, masukkan telur, lalu uleni sampai kalis sekitar 15mnit.
3. Setelah kalis diamkan selama 40mnit atau mengembang 2x lipat.
4. Setelah mengembang kempiskan adonan, beri warna sesuai selera,  saya jadikan 4 warna ( pink, hijau,  biru dan original)  uleni lagi. Diamkan sebentar tutup  dengan serbet)
5. Mengembang pipihkan adonan masing-masing warna melebar, susun warna2 bertumpuk, pipihkan lalu Gulung. Masukkan ke dalam loyang  yg bersemir margarine dan terigu tipis, diamkan lagi kurleb 15 menit sampai mengembang
6.Oles permukaan dengan kuning telur dan taburan sesuai selera
7. Panggang dengan api  kecil,  yg sebelumnya oven di panaskan  dulu  ya bun, selama 40mnit sampai roti matang, saya menggunakan oven kompor  rak bagian tengah.
8. Setelah matang angkat, lalu oles permukaan roti dengan margarine, biarkan dingin lalu potong.  Selamat mencoba Bunda😉👍👍

No comments:

Post a Comment